arhenius

of 18
All materials on our website are shared by users. If you have any questions about copyright issues, please report us to resolve them. We are always happy to assist you.
Information Report
Category:

Documents

Published:

Views: 16 | Pages: 18

Extension: DOCX | Download: 0

Share
Description
arrhenius
Tags
Transcript
  Lembar Pengesahan Laporan lengkap praktikum Kimia Fisik II dengan judul “ Persamaan Arhenius dan Energi Aktivasi “yang disusun oleh :   Nama : Andi Sukmawati Mahmud Kelas : A  NIM : 081304065 Kelompok : VI telah diperiksa oleh asisten dan coordinator asisten dan dinyatakan diterima.  I.   Judul Percobaan : Persamaan Arhenius dan Energi Aktivasi II.   Tujuan Percobaan : 1.   Menjelaskan hubungan laju reaksi dengan temperature 2.   Menghitung energy aktivasi (Ea) dengan menggunakan persamaan Arhenius III.   Landasan Teori Pada tahun 1889 Arhenius mengusulkan sebuah persamaan empiric yang menggambarkan kebergantungan konstanta laju reaksi pada suhu. Persamaan yang diusulkan Arhenius itu adalah sebagai berikut : k = Ae   dimana : k = kontanta laju reaksi A = factor frekuensi Ea = energy aktivasi Persamaan di atas seringkali ditulis dalam bentuk logaritma seperti terlihat pada  persamaan berikut : ln K = ln A -   Dari persamaan di atasterlihat bahwa kurva ln K sebagai fungsi dari akan berupa garis lurus dengan memotng ( intersep ) sumbu ln K pada ln A dan gradien/slope   ln K -      ( Tim Dosen Kimia Fisik II, 2010 : 5). Kedua faktor A dan Ea dikenal sebagai parameter Arhenius. Plot dari log K terhadap T -1  adalah linear untuk sejumlah besar reaksi dan pada temperature sedang. Hubungan antara konstanta laju pada dua temperature adalah ln   =   (   -   ) Plot E (energi) terhadap perkembangan dari (kordinat reaksi) diperlihatkan dalam gambar berikut. Lingkungan dalam kurva tersebut memberikan energi aktivasi. Perbedaan antara energi reaktan dan produk dikenal sebagai panas reaksi. Jadi energy aktivasi untuk reksi sebaliknya akan menjadi Ea (r) = Ea (f) - ∆H     Energi reaktan  produk koordinat reaksi ( Dogra,1990:651-652) Energi aktivasi adalah energy kinetic minimum yang diperlukan untuk  partikel-partikel pereaksi untuk membentuk kmpleks teraktivasi (Anonim, 2010). Di dalam ilmu kimia, energi aktivasi merupakan istilah yang diperkenankan oleh Svante Arhenius yang didefinisikan sebagai energi yang harus dilampaui agar reaksi kimia dapat terjadi. Energi aktivasi biasa juga diartikan sebagai energi minimum yang dibutuhkan agar reaksi kimia tertentu dapat terjadi. Enrgi aktivasi sebuah reaksi biasanya dilambangkan dengan Ea, dengan satuan kilo joule per mol (Anonim, 2010). Terkadang suatu reaksi kimia membutuhkan energy aktivasi yang teramat sangat besar, maka dari itu dibutuhkan suatu katalis agar reaksi dapat berlangsung dengan pasokan energi yang lebih rendah (Anonim, 2010). A produk Energi aktivasi dapat didefinisiskan sebagai energy minimum yang dibutuhkan A agar A menghasilkan produk. Situasi ini dapat diilustrasikan pada Gambar 12.14 yang memperlihatkan bola yang menggelinding melalui sebuah bukit. Bila bola tidak memiliki cukup energi ( =  m   ), bola ini tidak akan mampu menaiki bukit. Tetapi,
We Need Your Support
Thank you for visiting our website and your interest in our free products and services. We are nonprofit website to share and download documents. To the running of this website, we need your help to support us.

Thanks to everyone for your continued support.

No, Thanks